Kompas.com: Gara-gara Jerawat, Karier Impian ‘Tersumbat’

KOMPAS.com- Sudah berusaha keras meraih gelar sarjana, tapi kok setelah melamar dan wawancara di sejumlah perusahaan, profesi impian tak kunjung menjadi milik Anda. Jangan-jangan masalahnya ada pada kulit wajah Anda.
Ternyata memang benar, berbagai faktor bisa menjadi penentu diterima atau tidaknya seseorang dalam wawancara kerja. Bahkan faktor yang tak berkaitan dengan kemampuan atau IPK seseorang, pun bisa mengganjal Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian.
Hasil studi yang dilakukan Rice University dan University of Houston menunjukkan bahwa ketidaksempurnaan pada wajah juga menjadi faktor yang dapat membuat calon karyawan kehilangan kesempatan kerja.
Dalam dua penelitian terpisah, para peneliti menemukan bahwa calon karyawan yang memiliki jerawat, bekas luka yang terlihat jelas, tanda lahir atau flek hitam pada wajahnya lebih sulit lolos tes wawancara, dibandingkan mereka yang memiliki paras ‘tanpa noda’.
Hal ini terjadi karena bekas luka dan jerawat yang terlihat jelas, sehingga membuat konsentrasi pewawancara terpecah. Perhatiannya tak lagi fokus pada hal-hal yang diceritakan calon karyawan, tapi teralihkan oleh noda pada wajah. Oleh sebab itu, pewawancara lebih sedikit menyaring informasi mengenai calon karyawan tersebut, dan akhirnya cenderung memberi penilaian lebih rendah dari seharusnya.
Nah, mulai sekarang jangan malas yah membersihkan wajah, terutama sebelum tidur! Beberapa orang memang tidak percaya pada ‘efek’ dari kesan pertama, meskipun telah banyak fakta yang membuktikan bahwa penampilan yang rapih dan baik, dapat membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan atau lebih baik. 
Sumber :

Jumat, 15 November 2013 0 komentar
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Followers